Sabtu, 15 Oktober 2016

Cara agar daging ayam tetap segar

Kebutuhan daging ayam sampai saat ini terus meningkat ,ini membuktikan bahwa konsumsi daging ayam akan selalu terus bertambah seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk,oleh karna itu melalui artikel ini kami akan memberikan tips atau cara untuk membuat daging ayam tetap segar dan sehat walau ada dalam lemari penyimpanan.

Cara agar daging ayam tetap segar

Solusi untuk menjadikan daging ayam tetap segar dan sehat merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui oleh siapa saja ,karna tidak jarang hampir kebanyak para ibu membeli daging ayam itu bukan untuk sekali masak ,tetapi untuk penyetokan dalam beberapa hari ke depan.

sebelum memutuskan untuk menyimpan ayam ke lemari es, pilihlah ayam yang segar, baru dipotong karena sangat mempengaruhi kualitas dan kesegaran ayam tersebut. kami merangkumnya dalam beberapa point :

  • Cuci bersih ayam potong yang sudah dalam keadaan tanpa bulu. cabuti sisa bulu halus jika masih tersisa.
  • Ambil jeroan yang masih terdapat di dalam perut ayam (ati, ampela, usus, jantung) karena proses pembusukan bisa cepat terjadi karena jeroan ayam yang masih belum di cabut.
  • Cuci besih kembali, pastikan perut ayam yg telah kosong terbebas dari unsur “tahi ataupun isi jeroan” baik itu empedu atau cairan yg berwarna hijau.
  • Masukan ke dalam plastik atau wadah rapat kemudian masukkan ke dalam freezer jika ingin menyimpan dalam waktu lama. jika anda hanya menyimpan dalam waktu 24 jam, hanya perlu di tempatkan wadah bersih kemudian letakkan di slot bawah freezer sudah cukup.

Setelah melakukan cara penyimpanan dengan baik maka hal yang perlu diketahui juga adalah langkah pada tahap mencairkan daging ayam beku untuk diolah ,simak caranya seperti dibawah ini :

  • Jangan sekali-kali ayam langsung direndam di air, karena menyebabkan bakteri tumbuh bersama proses pencairan dan ayam bau.
  • Kalau mau menggunakan air, bungkus dulu rapat kemudian rendam di air. kalau plastik bagus tidak bocor, ayam anda akan tetap terjaga. jangan gunakan air hangat atau panas. saya jamin ayam anda bau kuadrat
  • Menggunakan kulkas. pindhkan ayam beku dari bag. freezer dan letakan di rak yg masih kosong tanpa freezer. perhatikan timing waktunya. pake kulkas itu butuh seharian untuk cair.

Demikian cara yang bisa anda lakukan dalam penyimpanan daging ayam agar tetap segar dan sehat ,semoga bermanfaat/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar